Parpol Ramaikan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon

Banda Aceh – Bakal Pasangan Calon dari Gabungan Partai Politik (Parpol) ikut meramaikan bursa Bakal Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Banda Aceh 2012-2017. Dua Bakal Pasangan Calon dari Gabungan Parpol mendaftarkan diri di Aula KIP Kota Banda Aceh hingga sore ini, Jumat (7/10). Dengan demikian, empat Bakal Pasangan Calon telah mendaftar di KIP Kota Banda Aceh.

Bakal Pasangan Calon Pasangan Aminullah Usman-Tgk.Muhibban H.M. Hajat mendaftar pukul 14.30 WIB. Bakal Pasangan Calon ini didukung oleh empat Parpol yang memperoleh kursi di DPR Kota Banda Aceh, yaitu: Partai Keadilan Sejahtera (5 kursi), Partai Golkar (3 kursi), Partai Daulat Aceh (3 kursi), dan Partai Bulan Bintang (1 kursi). Bakal Pasangan Calon ini berhasil mengumpulkan 12 kursi.

Kemudian, Bakal Pasangan Calon Mawardy Nurdin-Illiza Sa’aduddin Djamal pukul 16.30 WIB. Bakal Pasangan Calon ini juga diusung oleh empat Parpol yang memperoleh kursi di DPR Kota Banda Aceh, yaitu: Partai Demokrat (8 kursi), Partai Amanat Nasional (2 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (1 kursi), dan Partai SIRA (1 kursi). Bakal Pasangan Calon ini juga berhasil mengumpulkan 12 kursi.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Aidil Azhary kembali mengungkapkan, Bakal Pasangan Calon masih akan melewati jalan panjang untuk menjadi Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh. Jika memenuhi syarat, Bakal Pasangan Calon akan ditetapkan menjadi Pasangan Calon untuk ikut pemilihan. Jika terpilih, Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon Terpilih. “Setelah dilantik, Pasangan Calon Terpilih resmi menjadi Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh,” ujarnya.

Ketua Pokja Pencalonan Azhari menjelaskan, Bakal Pasangan Calon yang diusung oleh Partai atau Gabungan Partai paling tidak harus memiliki 15% dari total jumlah kursi DPR Kota Banda Aceh yang berjumlah 30 kursi. Jadi, Bakal Pasangan Calon didukung oleh minimal 5 kursi DPR Kota Banda Aceh. “Bakal Pasangan Calon telah memenuhi persyaratan ini,” ujarnya. [kipbna]

%d bloggers like this: