Rapat Rekapitulasi DPS dan TPS

Banda Aceh – KIP Kota Banda Aceh melakukan Rapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersama PPK dan Tim Sukses (Timses) Bakal Pasangan Calon di Aula Hotel Nanggroe Banda Aceh, Minggu (23/10). Raker yang dihadiri oleh seluruh Anggota KIP Kota Banda Aceh, PPK se-Kota Banda Aceh dan Timses semua Bakal Pasangan Calon ini berlangsung tenang dan diakhiri tanya-jawab di antara peserta raker.

Dari hasil rekapitulasi yang dilakukan, tercatat 158.621 pemilih di DPS Kota Banda Aceh. Jumlah pemilih dalam DPS ini akan ditetapkan oleh PPS pada 25 Oktober. Kemudian, PPS akan melakukan pencatatan Data Pemilih Tambahan (DPTb) bagi pemilih yang belum terdaftar dalam DPS pada 26-28 Oktober dan melakukan penetapan DPTb pada 29-31 Oktober. Lalu DPTb akan diumumkan pada 1-3 November. Setelah itu, barulah PPS menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 4 November.

Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih Aidil Azhary menjelaskan, pemilik hak pilih yang belum terdaftar dalam DPS harus mendaftarkan dirinya sebelum ditetapkannya DPT (4 November). Sebab, setelah penetapan DPT, sama sekali tidak ada lagi penambahan pemilih. “Perubahan sedikit saja nantinya bisa mengganggu pengadaan logistik Pemilukada. Karena itu, pemilik hak pilih harus aktif mengecek namanya di DPS dan DPTb. Jika tidak terdaftar, segera mendaftar ke PPS,” ujarnya.

Kemudian berdasarkan rapat rekapitulasi ini, diperkirakan akan ada 338 TPS di Kota Banda Aceh. Namun jumlah TPS mungkin akan bertambah karena ada beberapa TPS memiliki pemilih yang hampir mencapai batas maksimal, yaitu 600 pemilih. Jika pas batas maksimal atau mendekati angka batas maksimal tersebut, dikhawatirkan pemungutan suara tidak selesai pukul 13.00 WIB. “Tapi jumlah maksimalnya 350 TPS. Untuk itu, KIP Kota Banda Aceh akan mengkaji skala prioritas TPS desa mana yang akan ditambah,” Aidil memaparkan. [kipbna]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: