Sosialisasi Peraturan Verifikasi Partai Politik

Sosialisasi tentang Verifikasi 001 resized

Banda Aceh – KIP Kota Banda Aceh mengelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu 2014 di Hotel Sulthan, Selasa (4/9). Kegiatan yang dihadiri oleh utusan partai politik nasional dan partai politik lokal ini dibuka oleh Ketua KIP Kota Banda Aceh Aidil Azhary. Sedangkan materi sosialisasi disampaikan oleh Ketua Kelompok Kerja Verifikasi Partai Politik, Munawar Syah.

 

Aidil Azhary menyampaikan, berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 52/PUU-X/201, seluruh partai politik nasional wajib diverifikasi secara administrasi dan faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP). Hanya Partai Aceh yang tidak diverifikasi karena meraih kursi di DPRA lebih dari 5%. Merujuk pada UU Pemerintah Aaceh, Partai Aceh tidak perlu diverifikasi lagi.

 

 Munawar Syah melanjutkan, KIP Kota Banda Aceh akan melakukan verifikasi faktual atas kepengurusan partai politik di tingkat Kota Banda Aceh termasuk 30% pengurus perempuan, kepemilikan kantor, dan keanggotaan. Dengan demikian, partai politik diminta untuk mempersiapkan seluruh persyaratan sesuai dengan dokumen yang diserahkan ke KPU agar dapat dinyatakan ‘memenuhi persyaratan’. Verifikasi faktual dilakukan KIP Kota Banda Aceh pada 26 Oktober-20 November 2012. [kipbna]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: