Bimtek Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat PPS

ImageBanda Aceh – Menjelang Pemilu 9 April 2014, KIP Kota Banda Aceh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Banda Aceh di setiap kecamatan, Kamis-Sabtu (19-21/12). Kegiatan yang dipandu oleh komisioner KIP Kota Banda Aceh ini dilaksanakan bergiliran di setiap kecamatan.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Munawar Syah mengatakan, ada pebedaan mendasar mengenai penghitungan suara bagi PPS pada Pemilu 2014 mendatang. Dulu, PPS hanya mengkordinasi Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS) yang ada di desanya masing-masing pada hari H. Rekapitulasi penghitungan suara baru dimulai di tingkat kecamatan/Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun pada Pemilu 2014, rekapitulasi penghitungan suara akan dimulai di tingkat PPS.

Dengan demikian, perbedaan penghitungan suara antara Panitia Pengawas Lapangan (PPL), saksi, dan KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) langsung diperbaiki di tingkat PPS/desa. Secara bertingkat, PPK nanti hanya melakukan rekapitulasi penghitungan suara per desa, KIP Kota Banda Aceh per kecamatan dan desa, KIP Aceh per Kabupaten/Kota.

Dapat dikatakan, PPS memiliki peran yang sangat strategis pada Pemilu 2014 mendatang. Oleh sebab itu Munwar Syah menambahkan, PPS harus bekerja dengan profesional agar dapat mengawal pesta demokrasi ini dengan baik dan terhindar dari berbagai pelanggaran Pemilu. [kipbna]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: