Komisioner

KOMISIONER KPU/KIP KOTA BANDA ACEH 2013-2018


MUNAWAR SYAH, S.H.I.,M.A.
Ketua

Pria yang akrab dipanggil Munawar ini lahir di Banda Aceh 20 Agustus 1977. Semua jenjang pendidikan yang ditempuhnya berbasis pendidikan agama (mulai dari madrasah, pesantren-dayah, S.1 dan S.2). Alumni Fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry ini dikenal sebagai mantan aktivis pergerakan mahasiswa 1998. Berbagai jabatan organisasi kemahasiswaan, pengkaderan, dan OKP/Ormas pernah dipercayakan kepadanya, mulai dari Senat Fakultas, Koorwil Forum Mahasiswa Syari’ah Se-Aceh, Senat Pascasarjana, PII Perguruan Tinggi, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Aceh dan Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Propinsi Aceh.

Sosok pekerja keras ini memulai karirnya di lembaga penyelenggara pemilihan umum ketika terpilih sebagai anggota KPU/KIP Kota Banda Aceh Periode 2008-2013. Divisi Hukum dan Humas dipercayakan kepadanya, serta membawahi kelompok kerja sosialisasi dan kampanye. Di periode 2013-2018, Munawar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KIP Kota Banda Aceh.

Sebelum merintis karir di lembaga KPU/KIP Kota Banda Aceh, Ayah tiga putra ini pernah bertugas sebagai Da’i Perbatasan dan daerah terpencil di Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Tamiang pada Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh. Tahun 2005 mulai berkarir sebagai PNS pada Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar sebagai calon penghulu. Pada masa tanggap darurat Gempa dan Tsunami Aceh pernah bekerja sebagai Kordinator Centre “Child Protection” kerjasama UNICEF dan Meneg PP di Kabupaten Aceh Jaya, juga terlibat aktif dalam pengawasan rehab-rekon Aceh bidang Agama, Sosial dan Budaya pada Dewan Pengawas BRR NAD-Nias.


AIDIL AZHARY, S.H.
Anggota

Aidil Azhary adalah nama yang tidak asing lagi bagi pelaksanaan pemilu dan pilkada di Kota Banda Aceh. Ketua Komisioner KPU Kota Banda Aceh ini lahir di Banda Aceh pada 09 Januari 1973. Jenjang pendidikan dari dasar sampai menengah atas ditempuhnya di Kota Banda Aceh.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala tahun 1998 ini memulai karirnya sebagai Pengacara/Penasehat Hukum pada Kantor Advokat YAHYA ALINSA, SH & Associates di Banda Aceh, selain juga pernah berkecimpung dalam usaha jasa kontruksi sebagai Kepala Bagian Peralatan/Logistik PT. Widya Indria Sari di Medan. Pria ramah ini pernah aktif sebagai Wakil Bendahara Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) di Banda Aceh.

Ayah seorang putri ini, pada tahun 2003 memulai karirnya di lembaga penyelenggara pemilihan umum ketika ia terpilih sebagai anggota KPU Kota Banda Aceh Periode 2003-2008. Pada tahun 2005, ia dipercayakan oleh anggota komisioner KPU untuk melanjutan jabatan Ketua KPU Kota Banda Aceh yang ditinggalkan koleganya Alm. Yusmar A, SH. Pengalamannya dalam mengawal proses demokrasi, Pemilu tahun 2004 dan Pilkada tahun 2006 mengantarkannya kembali terpilih sebagai Komisioner KPU/KIP untuk periode kedua. Pada periode ini, pria yang sedang menempuh studi magister hukum di Pascasarjana Unsyiah ini kembali dipercayakan sebagai Ketua KIP Kota Banda Aceh periode 2008-2013. Di periode 2013-2018, Aidil Azhary kembali menduduki kursi Anggota KIP Kota Banda Aceh.


RANISAH, S.E.
Anggota

Perempuan kelahiran Aceh Utara, 20 Oktober 1967 ini dikenal sebagai sosok yang tekun dan periang. Jenjang pendidikan dasar sampai menengah atas ditempuhnya di Samalanga Kabupaten Bireun. Kemudian melanjutkan pendidikan Diploma tahun 1990 dan menyelesaikan S-1 Ekonomi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) di Kota Banda Aceh. Sejak kuliah wanita berkulit putih ini sudah di berbagai organisasi. Sosoknya yang supel, cerdas dan mudah bergaul telah mengantarkannya mengikuti Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan di Jakarta Tahun 2003 atas undangan Depdagri

Ranisah mengawali kariernya sebagai PNS di Dinas Tata Kota dan Pemukiman Kota Banda Aceh dari tahun 2001 sampai 2003 dan berlanjut pada staff pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) tahun 2008 hingga 2010. Ibu tiga putri ini adalah satu-satunya anggota Komisioner perempuan di KPU/KIP Kota Banda Aceh Periode 2008-2013. Karirnya di KPU/KIP dimulai pada Mei 2010 ketika ia dilantik sebagai pengganti antar waktu (PAW) anggota KPU/KIP Kota Banda Aceh menggantikan Sdr. Adam Maulana, SH yang mengundurkan diri. Ia menjabat sebagai Divisi program, juga bertanggungajwab bidang kerja pemungutan dan penghitungan suara.

Pak Dahlan Resized
DRS. M. DAHLAN
Anggota

Pria kelahiran Pidie, 10 Oktober 1955 ini menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertamanya di Ulee Glee dan SMA di Samalanga. ‘Ayah Dahlan’ demikian beliau disapa berhasil meraih gelar sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Setelah pensiun pada tahun 2011, M. Dahlan terpilih dan dilantik sebagai Anggota KIP Kota Banda Aceh periode 2013-2018.

Ayah Dahlan memulai karirnya sebagai PNS pada tahun 1981. Sebagai PNS, sosok kebapakan ini telah pernah diamanahi berbagai jabatan, mulai sebagai Lurah Kuta Alam (1986-1998), Lurah Kampung Laksana (1998-1999), Inspektur Pemeriksa Perekonomian Inspektorat Kota Banda Aceh (1999-2001), Kabag. Risalah dan Persidangan Sekretariat DPRK Banda Aceh (2001-2005), Camat Kuta Alam (2005-2009), dan Sekretaris KIP Kota Banda Aceh (2009-2011).

Pak Indra resized
INDRA MILWADY, S.SOS.
Anggota

Putra Aceh kelahiran 7 Agustus 1973 ini menghabiskan masa kecil hingga menamatkan pendidikan tinggi di kota kelahirannya, Medan. Pria ramah ini tercatat sebagai alumni Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara tahun 1999. Pernah menjabat di Badko HMI Sumatera Utara tahun 1996-1999, Indra demikian beliau disapa kini aktif di Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia dan Forum Rakyat Aceh untuk Reformasi.

Kegiatan profesional putra Samalanga ini banyak berkecimpung di bidang komunikasi dan pelatihan, pengelolaan logistik, dan pengadaan barang/jasa. Ayah dua putra ini pernah beraktivitas di Indonesia Australia Forest Carbon Partnership (2013), CCR Indonesia (2011-2012), UMCOR Indonesia (2008-2011), Medair Indonesia (2007-2008), dan Oxfam Meulaboh (2005-2006). Setelah sekian lama malang melintang di dunia LSM, Indra Milwady terpilih sebagai Anggota KIP Kota Banda Aceh periode 2013-2018.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: